Sabtu, 05 Juni 2021

(5) MANUSIA DI PANGGUNG SANDIWARA

Bicara lebih jauh tentang makhluk ciptaan YMK, maka peran yang diberikan oleh YMK kepada manusia tersebut ada yang bersifat “given” namun ada juga yang karena dipilih sendiri oleh manusia, baik dalam keadaan sadar maupun tidak. Contoh peran yang bersifat “given” antara lain adalah peran sebagai seorang ibu, yaitu peran yang otomatis harus dilakukan oleh seorang wanita bilamana ia mempunyai anak. Atau peran seorang menantu, yang otomatis terjadi begitu seseorang mengawini pasangan hidupnya. Contoh peran yang dipilih sendiri oleh manusia berdasarkan
kesadarannya antara lain adalah peran sebagai guru (orang tersebut memilih profesi guru dan tidak sebagai polisi, misalnya). Sedangkan contoh peran yang sering tidak dengan sadar dilakukan oleh seseorang adalah peran sebagai “orang sombong”, pencela, pencemooh, perusak lingkungan, perusak silaturahmi, dll. Peran-peran tersebut di atas umumnya berkombinasi sehingga ada misalnya, seorang wanita yang berperan sebagai ibu karena mempunyai seorang anak. Kebetulan ia berprofesi sebagai guru (secara sadar ia menjadi guru) tetapi secara tak disadarinya ia seringkali bersikap sombong. Banyak contoh lain mengenai peran manusia dalam kehidupan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :
  • Ibu adalah manusia yang diciptakan dan menjadi utusan YMK yang berfungsi antara lain melahirkan, menyusui/ memelihara, mendidik, melindungi saat kita masih kecil, menjadi pengganti suami bilamana suaminya tidak ada, bahkan adapula yang mencari nafkah untuk keluarganya, dll
  • Bapak adalah manusia yang diciptakan dan menjadi utusan YMK yang berfungsi antara lain sebagai lantaran lahirnya kita dan tercukupinya nafkah sewaktu kita masih dalam perawatannya
  • Suami atau isteri adalah manusia yang diciptakan dan menjadi utusan YMK yang berfungsi antara lain sebagai lantaran dapat dipenuhinya nafsu seksual secara wajar, dapat diperolehnya ketenteraman dan kesenangan, dapat dilahirkannya anak yang menjadi penyejuk hati / generasi penerus, dll
  • Anak adalah manusia yang diciptakan dan menjadi utusan YMK yang berfungsi antara lain menjadikan ibu/bapak menjadi sejuk hatinya saat anak tsb masih kecil dan lucu-lucunya serta kemudian menjadi pelindung saat ibu / bapak tsb sudah tua renta tak berdaya lagi
  • Saudara adalah manusia yang diciptakan dan menjadi utusan YMK yang berfungsi antara lain sebagai penyemarak hidup kekeluargaan (yang sepi kalau hanya satu), saling tolong menolong jika kesusahan dan memelihara orang tua saat mereka tua renta, dll.
  • Guru / ulama / pendeta/ pastor adalah manusia yang diciptakan dan menjadi utusan YMK yang berfungsi antara lain sebagai lantaran bertambahnya ilmu kita dalam bidang ilmu/ keagamaan
  • Nabi adalah manusia yang diciptakan dan menjadi utusan YMK yang berfungsi menyampaikan berita gembira, memberikan peringatan, membenarkan ajaran Nabi sebelumnya, memperbaiki moral manusia dan mengajarkan kalam dan hukum-hukum YMK.
  • Usahawan adalah manusia yang diciptakan dan menjadi utusan YMK bagi rakyat yang befungsi antara lain sebagai lantaran terciptanya lapangan kerja, terjadinya kegiatan ekonomi, dapat dipasoknya barang-barang yang diperlukan, dll.
  • Birokrat pemerintahan adalah manusia yang diciptakan dan menjadi utusan YMK bagi rakyat yang berfungsi antara lain sebagai lantaran tertatanya kehidupan bermasyarakat/ bernegara dengan sebaik-baiknya
  • Anggota parlemen adalah manusia yang diciptakan dan menjadi utusan YMK bagi rakyat yang berfungsi antara lain sebagai sebagai mitra birokrat untuk menyuarakan suara masyarakat dan menyusun undang-undang berdasarkan suara rakyat untuk kemudian dieksekusi oleh para birokrat pemerintahan
  • Pimpinan adalah manusia yang diciptakan dan menjadi utusan YMK bagi anak buah yang berfungsi antara lain sebagai koordinator dari suatu kegiatan sehingga kegiatan tsb mencapai targetnya.
  • Anak buah adalah manusia yang diciptakan dan menjadi utusan YMK bagi pimpinan yang berfungsi antara lain sebagai mitra sehingga kegiatan dapat mencapai target yang tak mungkin bisa dicapai bilamana dikerjakan sendiri.
  • Tetangga adalah manusia yang diciptakan dan menjadi utusan YMK yang berfungsi antara lain sebagai pengganti saudara kita untuk secara bergotong-royong menyemarakkan kehidupan dan saling tolong-menolong antar sesama.
  • Pembantu rumah tangga adalah manusia yang diciptakan dan menjadi utusan YMK yang berfungsi sebagai orang yang meringankan beban pekerjaan rumah tangga sehari-hari sehingga gara-gara itulah kita dapat mengerjakan hal lain yang memberikan hasil lebih banyak.
  • Orang miskin adalah manusia yang diciptakan dan menjadi utusan YMK yang berfungsi antara lain untuk mengingatkan orang kaya agar bersyukur bahwa ia diberi kekayaan dan sekaligus mau mendermakan sebagian kekayaannya tsb untuk membantu si miskin.
  • Orang kaya adalah manusia yang diciptakan dan menjadi utusan YMK yang berfungsi bagi si miskin agar ia terpacu untuk belajar dan bekerja agar menjadi kaya / tidak miskin.
  • Orang sakit adalah manusia (yang diciptakan dan menjadi utusan YMK) yang berfungsi antara lain agar yang sehat selain bersyukur bahwa ia sehata sekaligus mengingatkan agar ia menjaga kesehatan dirinya
  • Orang mati adalah manusia (yang diciptakan dan menjadi utusan YMK) yang berfungsi antara lain mengingatkan agar yang hidup menyadari bahwa suatu saat dia akan mati.
  • Pencuri adalah manusia (yang diciptakan dan menjadi utusan YMK) yang berfungsi (tanpa disadari oleh ybs) antara lain bagi yang normal agar bersyukur bahwa ia tidak mencuri karena perrbuatan mencuri selain merugikan orang lain juga akan berakibat suatu kali akan dihukum.
  • Orang sombong / jahat adalah manusia (yang diciptakan dan menjadi utusan YMK) yang berfungsi (tanpa disadari oleh ybs) antara lain sebagai media bersyukur bagi orang lain yang tidak sombong / jahat bahwa ia tidak sombong/ jahat sekaligus mengingatkan bahwa kesombongan / kejahatan itu akan menyebabkan dijauhi / dimusuhi orang.
Masih banyak contoh lain yang kalau didaftar akan tak habis-habisnya. Yang penting diperhatikan dalam hal ini adalah intinya, yaitu bahwa setiap manusia mempunyai peran masing-masing, walaupun banyak di antara kita yang tidak menyadarinya. Dalam hal penampilan peran, YMK menyatakan bahwa ada yang kelihatannya buruk namun sesungguhnya dia baik. Sebaliknya ada yang kelihatannya baik namun sesunguhnya buruk. Dalam kehidupan sehari-hari yang kita lihat kaitannya dengan ini adalah seseorang yang kelihatannya alim (terlihat dari omongannya atau dari aksesorinya, dll) tetapi ternyata ia seorang penjahat. Sebaliknya ada seseorang yang kelihatannya “jauh” dari agama, namun ternyata perbuatannya yang diam-diam sangat dekat dengan agama. Inilah yang dinamakan orang dengan istilah “dunia adalah panggung sandiwara”, yang menyebabkan manusia – yang ingin hidupnya selamat - perlu hati-hati dalam memilah-milah penampakan yang ada di sekelilingnya.
  • Dan tiadalah kehidupan dunia ini selain dari main-main dan sendau gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidaklah kamu memahaminya! (QS. 6:32)
  • Sesungguhnya kehidupan dunia hanya permainan dan senda gurau.Dan jika kamu beriman serta bertaqwa, Allah akan memberikan pahala kepadamu dan Dia tidak akan meminta harta-hartamu. (QS. 47:36)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Isi